28 November 2012


*PERSUASIF

Manfaat Berkebun dan Bertani


Banyak alasan untuk kembali ke ladang dan menanam makananmu sendiri. Tak peduli apakah kamu kaya atau miskin, punya lahan luas atau hanya sejengkal, punya pengalaman bertani atau tidak, tak ada alasan yang menghalangimu untuk berkebun dan bertani.

Besar manfaat yang akan kamu dapatkan dengan berkebun dan bertani seperti bertani membantu kita mengenal alam. Saat tanganmu kotor oleh tanah, kamu telah memulai hubungan baru dengan alam. Langkah pertama, pilih tanaman yang ingin ditanam. Pastikan tanaman itu cocok dengan iklim di lingkungan. Setelah menemukan tanaman yang cocok, saatnya belajar merawat tanaman – kapan menyiraminya, berapa banyak kebutuhan cahaya matahari, dan perlakuan khusus lainnya. Saat Anda mulai menanam baris demi baris sayuran, keahlianmu akan terus bertambah seiring dengan waktu.

Saat bertani atau berkebun, kamu bisa mengontrol setiap bahan yang digunakan dalam proses menanam. Hal ini memungkinkan kamu menghasilkan makanan segar organik yang bebas dari bahan-bahan kimia berbahaya. Manfaat lain, bertani atau berkebun membuat tubuh terus aktif. Menggali, menanam dan merawat lahan membuat kamu terus bergerak. Kamu juga bisa melibatkan teman-teman, membuat mereka sehat. Dan percaya atau tidak, bertani itu menyenangkan – coba deh.

Yang terakhir, bertani atau berkebun dalam skala kecil mampu membuatmu rileks dan menghilangkan stress. Bertani atau berkebun akan membuat tubuh dan pikiran tetap aktif. Bertani bisa menjadi sarana rekreasi dan membuat Anda terbebas dari rutinitas kerja dan keluarga!

Menjadi seorang petani bisa membuatmu menjadi pribadi yang lebih “hijau” lagi. Kamu bahkan bisa berbagi hasil panen dengan keluarga dan teman-teman !

Mari berkebun.... :)



Sumber :

No comments:

Post a Comment