27 March 2011

BLOG

Blog adalah situs pribadi. Berbeda dengan website yang setiap memposting harus susah payah memakai kode ekstensi .html .php, .asp, dll, blog merupakan otomatisasi dari semua ekstensi tsb. Sehingga karena sudah diotomatisasi, maka kita semua yang lugu teknologi menjadi otomastis dapat memposting apa yg kita inginkan persis seperti kita memposting email ke teman atau ke milis.

Sejarah

Masih berada di dalam serial infrastruktur blogging. Sebelum kita memulai melakukan kegiatan blogging, ada baiknya jika kita mengenali root dan asal muasal blogging:

Blog merupakan hasil evolusi dari diary online: Diary atau catatan harian mengenai pendapat, opini, dan apapun itu dalam bentuk yang dipublikasikan secara online (menggunakan website). Salah seorang pioneer dari internet-based journalist ini adalah Justin Hall, yang melakukan membuat online diarynya Justin Links From The Underground ketika dia masih merupakan pelajar dari Swarthmore College.

Kala itu, Blog (atau ketika itu bernama online diary) pada umumnya merupakan website yang berisi kumpulan link menuju halaman web lain yang disertai komentar dan opini pemilik online diary tersebut mengenai halaman dari tujuan link tersebut. Sehingga online diary ketika itu bisa juga dikatakan sebagai katalog link berdasarkan opini pemilik. Para diarist adalah editor yang memilih link mana yang menarik dan menampilkan link tersebut di online diarynya.

Pada tahun 1997, Jorn Barger, seorang programer yang juga mengelola website online diary “robot wisdom” menciptakan istilah weblog yang diambil dari kata “logging the web”. Logging bisa diartikan masuk. So, logging the web bisa diartikan “memasuki web”. Korelasinya adalah blogger awal di kala itu merupakan orang yang masuk ke belantara web dan menyortir link-link menarik berdasarkan opininya.

Hingga 1998, baru ada beberapa website yang dapat diidentifikasikan sebagai blog, hingga ketika itu menjelajahi semua weblog masih memungkingkan untuk di lakukan.

Pada tahun 1999, Peter Merholz menyebutkan istilah weblog sebagai wee-blog, hingga akhirnya dibuat pendek menjadi blog saja. Orang yang mengelola blog kemudian di sebut “blogger”.

Dari titik itulah semuanya berubah. Semakin hari, semakin banyak orang yang membuat blog. Pertumbuhan blog menjadi semakin signifikan ketika Pitas merilis Blogger.com pada Juli 1999. Dan mulai populer akhir tahun 2002. Blogger.com merupakan web service yang memungkinkan orang yang bahkan tidak memiliki kemampuan html sekalipun mampu menciptakan dan mengelola blog. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Di titik ini, blog benar-benar berubah. Bahkan definisi blog mulai bergeser.

Blog yang awalnya merupakan kumpulan link yang dikomentari oleh pemilik blog, mulai bergeser menjadi media ekspresi bebas semau pemilik blog yang ditampilkan secara kronologis terbalik.

Blog bertumbuh demikian cepat. Terlebih setelah Movable Type diluncurkan dan wordpress sebagai project kelanjutan cms b2 dirilis ke publik sebagai blog engine.

Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog. Setelah itu, blog dan blogosphere terus berevolusi menjadi blogosphere yang kita huni hari ini



Kelebihan dan Kekurangan Blog

a. Kelebihan blog

Selain karena sifatnya yang ada dalam jaringan internet, beberapa kelebihan dari blog lainya adalah sifatnya berdiri sendiri sebagai media, selain itu blog juga cenderung non-formal dalam penggunaan bahasa yang dipakainya.

Blog memungkinkan terjadinya interaktifitas antara sumber dengan penerima informasi. Informasi yang disampaikan akan langsung direspon, ditambahi, dikoreksi dan diperkaya oleh orang lain. Oleh karena itu, suatu topik mungkin bisa menjadi lebih menarik dengan adanya diskusi antara blooger dengan pengunjung weblognya. (Nurist Surayya dalam jurnalisme Weblog merupakan Pola Baru Jurnalisme Media Massa, hal 1, 2005)

Weblog adalah media yang digunakan secara personal, baik individual maupun institusional. Tidak ada persyaratan personal yang diberikan dari pihak manapun untuk bisa memiliki dan mengelola weblog sendiri. Formatnya yang mudah diaplikasikan dan pengelolaannya yang tidak rumit membuat media ini bisa diopersikan oleh siapapun. Tidak diperlukan kemampuan teknis atau kemampuan dasar jurnalisme untuk mempublikasikan informasi dalam weblog.

b. Kekurangan blog

Beberapa kekurangan blog diantaranya adalah rentan terkena virus, hacker atau spyware. Selain itu, blog juga kurang sentuhan manusiawi, mudah disalahgunakan fungsinya, dan tulisan yang ada di dalam blog kurang dapat dipertanggung jawabkan.



Etika


Blog bukan hanya sekedar berbagi dan menulis artikel, Ngeblog memang bebas, namun bebas bukan berarti terbebas dari segala macam peraturan. Masih ada Etika yang harus kita perhatikan. Etika Ngeblog tersebut antara lain:

1. Tulislah fakta
Tulisan yang akan anda posting akan di baca oleh khalayak (orang banyak), oleh sebab itu, tulislah artikel yang berisi informasi yang benar dan akurat (Kecuali blog yang bersifat pribadi), jangan hanya menulis artikel yang disukai oleh SE (search Engine).

2. Hargai sumber tulisan
Jika anda menulis sebuah artikel, dan artikel tersebut berasal dari situs lain, berilah alamat sumber untuk menghargai si pembuat tulisan tersebut. Atau mungkin suatu ketika anda sedang kehabisan ide untuk menulis sebuah artikel, namun anda memutuskan untuk membaca tulisan dari blog lain dan anda tertarik untuk menulis ulang diblog anda, jangan pernah lupa untuk mencantumkan sumber dari tulisan tersebut. Karena jika anda ingin di hargai orang lain, maka hargailah orang lain.

3. Koreksi tulisan Anda
Rajin-rajinlah mengoreksi tulisan anda, baca ulang artikel anda sebelum mempublikasikannya ke publik. Dan jangan pernah malas untuk membaca kembali tulisan anda yang lampau untuk mengoreksi kesalahan √Ľkesalahan penulisan anda, bisa dari tanda baca, kosakata atau yang lainnya. Anda bisa belajar dari kesalahan anda di masa lampau.

4. Ketahui batas privasi
Jangan pernah mempublikasikan privasi diri sendiri dan orang lain, hargailah privasi diri sendiri dan juga milik orang lain.

5. Beri informasi identitas diri Anda
Blog yang professional adalah blog yang tidak pernah takut untuk menunjukkan informasi tentang diri si penulis. Namun, jika anda takut jika blog anda di hack oleh orang lain, gunakan email lain untuk berinteraksi dengan pengunjung blog anda. Anda juga dapat memberikan akun jejaring social anda seperti facebook, twitter, dan lain-lain untuk berinteraksi dengan pengunjung blog anda.

6. Tidak menghapus tulisan.

7. Tidak mengganti alamat postingan.

8. Keterbukaan terhadap konflik kepentingan.

9. Tidak menghapus komentar.

10.Tidak memicu kerusakan.



Tahap Pembuatan Blog

Bagaimana cara membuat blog?

Seperti halnya email, buat account dulu di free blog provider (pemberi hosting/domain blog gratis). Yang paling populer adalah http://www.blogger.com. Bagi Anda yang sudah agak melek-huruf teknologi bisa juga buat account di http://www.wordpress.com dan http://blogsome.com. Selain yg dua ini masih banyak penyedia blog gratis yg bisa Anda ketahui kemudian. Ikuti pentunjuk step-by-step ketika mendaftar.

3. Setelah selesai register/sign-up di http://blogger.com, Anda dapat mulai memposting/mempublish apapun yang Anda inginkan di blog: mulai dari curhat, puisi, cerpen, tulisan serius sampai yang humor.

CARA MEMBUAT BLOG DI BLOGGER

Membuat blog di blogger.com sangatlah mudah.
Sekarang saya akan tunjukkan cara untuk membuat sebuah account baru di blogger.com, yang 100% gratis. Saya merekomendasikan anda untuk membuat blog di blogger.com karena program ini sangat didukung penuh oleh google, sehingga apabila kita membuat blog disini maka google akan cepat mengindeks blog kita. Alhasil blog kita akan muncul dihalaman pencari google.


LANGKAH KE-1 (GETTING STARTED)

Silahkan Anda kunjungi website www.blogger.com.

LANGKAH KE-2 (CREATE AN ACCOUNT)

Setelah page terbuka, silahkan Anda klik CREATE AN ACCOUNT setelah Anda klik, maka akan muncul form untuk mengisikan nama dan password. Silahkan isi dan Anda harus selalu ingat username dan password yang Anda isikan.
Jangan lupa untuk menceklist Term of service agreement.
Kemudian klik tombol panah "Continue" untuk melanjutkan ke langkah ke-3

LANGKAH KE-3 (NAME YOUR BLOG)

Bagian ini sangat penting, karena nama dari blog anda nantinya akan menjadi sebuah keyword.
TIPS: agar blog anda mudah terindeks oleh search engine (mesin pencari), maka alangkah lebih bagusnya jika anda membuat sebuah kesamaan antara address dan name dari blog anda!
Sekarang klik tombol panah ORANGE "Continue" untuk melanjutkan ke langkah ke-4

LANGKAH KE-4 (CHOOSE YOUR BLOG TEMPLATE)

Sekarang Anda hanya tinggal selangkah lagi untuk mempunyai webblog buatan sendiri!!!
Disini anda ditujukan untuk memilih warna dan bentuk dari web anda. Silahkan pilih sesuai dengan topic dan selera anda.
OK jika anda sudah selesai memilih template, sekarang kita akan lanjut ke langkah berikutnya.
Sekarang klik tombol panah ORANGE "Continue" untuk melanjutkan ke langkah ke-5

LANGKAH KE-5 (GENERATE YOUR BLOG)

Sekarang blogger akan menciptakan blog anda. Setelah blog selesai dibuat, maka di browser anda akan ada tulisan "Your Blog Has Been Created" Klik start Posting untuk untuk membuat artikel/tulisan pertamamu.
Sekarang Isikan Judul artikel kamu pada kolom tile, dan tulis isi dari artikelmu di bawahnya!

SELAMAT!! sekarang anda sudah mempunyai blog sendiri dan sudah bisa dilihat dari penjuru dunia manapun :)




Sumber :

No comments:

Post a Comment