23 September 2011

Tips Agar Baterai Smartphone Android Lebih Tahan Lama

Banyak masyarakat yang menggunakan ponsel Android merasa kalau ponselnya boros baterai. Ini wajr saja mengingat kemampuan dari smartphone itu sendiri apalagi bila layarnya semakin besar dan terus menerus digunakan untuk beraktifitas.



Namun ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar smartphone Android anda bisa lebih menghemat baterai. Beberapa caranya bisa dilihat di forum tanya jawab Tekno Lady yang sempat dibahas atau menginstall beberapa aplikasi dan merubah sedikit pengaturan seperti dibawah ini:
1. Ubah pengaturan Mail
Ini berarti semua, tidak hanya Gmail saja dan menyangkut semua aplikasi Mail. Daripada menjalankan push email secara real time lebih baik anda mengaturnya secara periodik semisalnya setiap 1 jam atau beberapa menit. Toh tidak akan berbeda jauh apabila anda segera merespon email tersebut, bahkan anda dapat lebih berkonsentrasi mengerjakan tugas satu persatu.
2. Atur kecerahan layar
Sepertinya cara ini sudah banyak diterapkan oleh pengguna Android, mengatur kecerahan layar seminimal mungkin namun masih nyaman untuk dilihat atau ketika digunakan untuk membaca. Jadi untuk apa ponsel dengan tingkat kecerahan yang sangat terang namun tidak dilengkapi dengan baterai yang juga sangat tahan lama? Sepertinya semua menjadi sia-sia.
3. Matikan aplikasi yang tidak digunakan lagi
Ponsel ini memang mempunyai fungsi multitasking, sehingga pengguna dapat menjalankan satu aplikasi ke aplikasi lainnya tanpa harus mematikan aplikasi sebelumnya. Di satu sisi memang bagus, namun buruknya aplikasi yang masih berjalan juga memakan energi, meski tidak digunakan.
4. Matikan live wallpaper
Ponsel Android memang sangat keren bila muncul dengan wallpaper yang bisa bergerak-gerak. Akan tetapi, sayangnya ini cukup menguras tenaga baterai. Anda cukup mangganti wallpaper biasa, untuk menghemat baterai.
5.Mobile Network
Ponsel Android sudah tidak diragukan lagi kemampuan untuk menjelajah dunia maya. Tapi, bila Anda tidak sedang dalam keadaan online, ada baiknya jaringan mobile dimatikan untuk menghemat baterai.




Sumber :

No comments:

Post a Comment