11 November 2011

COSPLAY

Baru beberapa bulan yang lalu aku pergi ke Gelar Jepang yang diadakan salah satu Universitas ternama di Indonesia (beuuuuuh~) ok ok .. Gelar Jepang UI .. (sayang di universitas ku minim sekali yang seperti ini). Dan di Gelar Jepang itu aku melihat yang namanya COSPLAY. Ya, aku tau cosplay itu semacam pesta kostum ala ala anime dan tokoh kartun Jepang gitu, tapi karena penasaran, aku search apa itu cosplay?  dan ini yang aku dapat ..

Cosplay (コスプレ Kosupure) adalah istilah bahasa Inggris buatan Jepang (wasei-eigo) yang berasal dari gabungan kata "costume" (kostum) dan "play" (bermain). Cosplay berarti hobi mengenakan pakaian beserta aksesori dan rias wajah seperti yang dikenakan tokoh-tokoh dalam anime, manga, manhwa, dongeng, permainan video, penyanyi dan musisi idola, dan film kartun. Pelaku cosplay disebut cosplayer, Di kalangan penggemar, cosplayer juga disingkat sebagai layer.

Di Jepang, peserta cosplay bisa dijumpai dalam acara yang diadakan perkumpulan sesama penggemar (dōjin circle), seperti Comic Market, atau menghadiri konser dari grup musik yang bergenre visual kei. Penggemar cosplay termasuk cosplayer maupun bukan cosplayer sudah tersebar di seluruh penjuru dunia, yaitu Amerika, RRC, Eropa, Filipina, maupun Indonesia.


Sejarahnya di Indonesia itu .. Pada awalnya cosplay tidak begitu banyak di kenal di Indonesia. Pada awal 2000-an, beberapa event seperti Gelar Jepang UI mengadakan Event Cosplay. Tetapi saat itu belum ada yang berminat, cosplay pertama saat itu hanyalah EO dari acara Gelar Jepang tersebut.

Beranjak dari Event Jepang, beberapa pemuda-pemudi (kebanyakan pemudi) di Bandung memperkenalkan gaya Harajuku dan hadirnya cosplayer pertama yang bukan merupakan EO saat itu. Berlanjut hingga sekarang, hampir tiap bulannya selalu ada event cosplay di Jakarta, dan di kota-kota besar di Indonesia.

Beberapa event yang sering hadir adalah:
Gelar Jepang. Biasanya ada di Universitas. Umumnya di Universitas Indonesia.
Bunkasai. Biasanya ada di Universitas.
Hellofest.
Animonster event. Beberapa event yang disponsori oleh animonster termasuk event cosplay di dalamnya.
Extravaganza, Cosplayer berdialog kocak, cosplay kartun Nickelodeon dan anime Jepang dijadikan satu dalam Extravaganza di bagian cerita yang berjudul "Sasuke", Putri Salju muncul dibagian selanjutnya.


Akhirnya aku mengerti kenapa anak muda yang suka dengan budaya Jepang sangat ingin ber-cosplay ria seperti itu, karena memang terlihat KEREN !!! tapi ada juga sih yang gagal, tapi apapun itu, SEMANGAT !!!



aw aw .. om sebastian ngeliatinnya jangan kaya gitu dooong >///<

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Costume_play

1 comment:

  1. hi there....
    saya pinjam gambar, sekaligus mau release link utk blog ini. terima kasih.
    http://sepatuholig.blogspot.com/

    ReplyDelete